Hati-hati Tipuan Pedagang Asongan di Piramada Mesir Yang Rese

{[['']]}



Ribuan turis asing dan lokal mengunjungi Piramida Giza di Mesir setiap harinya. Sayangnya kenyamanan para turis ini terganggu dengan ulah para pedagang asongan yang nakal.

Begitu ke luar dari pemeriksaan tiket, para turis langsung disambut para pedagang asongan. Mereka menawarkan berbagai suvenir yang berkaitan dengan Firaun dan piramida. Ada yang cukup sopan, tapi beberapa cukup mengganggu.

Modusnya, mereka akan membuntuti para turis. Sambil menanyakan negara asal turis tersebut.

"Dari Thailand? Wow saya suka Thailand. Ini hadiah untuk anda. Tidak usah
bayar," demikian kelakuan para pedagang tersebut, saat saya berkunjung ke Giza, Kamis (13/10/2010).

Si pedagang kemudian menjejalkan sorban khas Timur Tengah ke tangan turis tersebut. Dia juga menyobek pembungkus sorban dan memasangkan sorban tersebut ke kepala turis.

"It's okay. It's free," katanya.

Nah begitu sorban terpasang, si penjual meminta tip. Bukan 1 atau 2 Pound Mesir (LE), tapi 20 LE atau sekitar Rp 35 ribu. Padahal di luar, harga sorban tersebut paling hanya 7 LE.

Kontan turis tersebut sewot, dia mencoba meninggalkan pedagang asongan tersebut. Namun si pedagang terus menguntit.

Ternyata modusnya seperti itu semua. Saat saya dihampiri oleh seorang pedagang, pertanyaannya seperti itu persis.

"Karena anda dari Indonesia. Ini hadiah gratis untuk anda," katanya.

Maaf kawan. Saya tidak mau tertipu seperti turis tadi. "Sory Jek. Saya tidak mau sorban," kata saya agak keras. Dia pun langsung meninggalkan saya.

Di dekat Piramida pun saya lihat ada penunggang onta marah-marah pada turis asing. Ceritanya, penunggang Onta itu menawarkan jasanya untuk berfoto bersama turis. "Tipsnya terserah," kata dia.

Eh, begitu dijepret dia minta 20 LE. Diberi 5 LE pun tidak mau. Kontan si turis bule jadi serba salah dimaki-maki seperti itu.

Saran saya, kalau tidak mau seperti itu, tegas saja menolak. Atau sepakati
benar-benar harga untuk barang dan jasa yang akan kita beli. Jangan sampai
kemudian ada biaya macam-macam di belakang.

Sayang ya? Tapi jangan biarkan para pengganggu ini mengurungkan niat anda
mengunjungi Giza yang luar biasa mengagumkan.

sumber : http://www.detiknews.com/read/2010/10/15/024532/1465500/10/nakalnya-pedagang-asongan-di-piramida-giza?991101605
Share this post :
 
Nice Blog : Creating Website | Template | Mas boim Template
Copyright © 2013. BOMBA DOT COM - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger