Terowongan Kereta Terpanjang di Dunia

{[['']]}

Pembangunan terowongan telah menelan biaya US$10 miliar

Para pekerja di Swiss yang sedang menggali terowongan kereta terpanjang di dunia akan melakukan terobosan terakhir hari ini dengan mengebor lapisan batu sepanjang beberapa meter.

Terowongan Gotthard sepanjang 57 kilometer itu akan memungkinkan kereta berkecepatan tinggi meluncur antara Zurich di Eropa utara dan Milan di Eropa selatan. Perjalanan kereta bisa dipersingkat satu setengah jam.

Terowongan ini juga akan mengurangi kepadatan lalu lintas di berbagai jalan di daerah pegunungan Alpen setelah diresmikan pada 2017 nanti.

Wartawan BBC di Swiss Imogen Foulkes melaporkan bahwa arus lalu lintas barang dikhawatirkan merusak lingkungan.

Pembangunan terowongan sejauh ini telah memakan waktu empat 14 tahun dan menelan biaya sebesar US$10 miliar. Sekitar 2.500 orang telah bekerja di terowongan dan delapan orang meninggal dunia dalam proses konstruksi.

"Terowongan Gotthard akan selamanya menjadi monumen luar biasa dan besar yang akan dibandingkan dengan semua terowongan yang ada," kata Menteri Perhubungan Swiss Moritz Leuenberger.

Terowongan di Swiss tersebut akan mengalahkan terowongan Seikan di Jepang sepanjang 53,8 kilometer yang menghubungkan Pulau Honshu dengan Pulau Hokaido.

Terowongan terpanjang ketiga di dunia adalah Channel Tunnel yang terletak di bawah Selat Inggris sepanjang 50 kilometer yang menghubungkan Inggris dengan Prancis.

sumber : BBC
Share this post :
 
Nice Blog : Creating Website | Template | Mas boim Template
Copyright © 2013. BOMBA DOT COM - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger